Ulasan Seputar Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP

Beasiswa merupakan hal yang bisa diandalkan untuk Anda mendapatkan bantuan dana untuk melanjutkan pendidikan di kampus impian. Dimana banyak sekali instansi ataupun lembaga yang menawarkan lembaga termasuk pemerintah yang memberikan beasiswa dengan pengelola LPDP.

Beasiswa LPDP S2 merupakan salah satu beasiswa yang dipilih bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam atau di luar negeri. Dimana untuk syarat umum untuk beasiswa ini adalah WNI, telah mendapatkan gelar sarjana, melampirkan surat keterangan sehat, surat rekomendasi, memenuhi IPK minimal, dan memilih jurusan yang ditawarkan. Selain syarat umum tersebut ada juga beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP ini. Adapun syarat khusus tersebut adalah sebagai berikut :

Menandatangani surat pernyataan

Syarat pertama yang menjadi syarat yang harus dipenuhi adalah bersedia untuk menandatangani surat pernyataan yang telah disediakan. Surat pernyataan tersebut bisa dibaca terlebih dahulu dan juga bisa didapatkan dari unggah dokumen yang ada di website LPDP.

Format tersebut bisa diunduh, dibaca, kemudian apabila bersedia untuk memenuhi persyaratannya bisa untuk menandatangani. Kemudian surat pernyataan tersebut bisa diserahkan sebagai salah satu persyaratan ketika mengajukan pendaftaran beasiswa dari LPDP.

Batas usia pendaftar

Syarat khusus selanjutnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa LPDP S2 adalah batas usia pendaftar. Syarat ini merupakan hal yang bisa menjadi batasan untuk beberapa orang yang ingin mendaftar. Karena apabila ada pepatah tidak ada kata terlambat untuk belajar, maka hal tersebut tidak berlaku apabila akan mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP. Karena beasiswa ini mempunyai batas umur dan setiap pendaftar harus memenuhi batasan usia tersebut baik untuk jenjang pendidikan S2 dan juga S3.

Bagi peserta yang akan mendaftar beasiswa ini mempunyai persyaratan umur maksimalnya 35 tahun untuk pendidikan magister, sedangkan untuk jenjang pendidikan doktoral usia paling tingginya adalah 40 tahun.

Memenuhi IPK

Untuk mendapatkan beasiswa ini prestasi yang Anda punyai juga menjadi pertimbangan penting. Dan prestasi tersebut bisa ditunjukkan dari IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif selama kuliah. Dimana untuk syarat IPK bagi para pendaftar adalah :

  • Bagi yang ingin mendaftar BPI reguler jenjang Magister atau S2 IPKnya adalah sekurang-kurangnya 3,0 dan dibuktikan dengan transkrip asli yang dilegalisir.
  • Bagi yang ingin mendaftar S3 IPK minimalnya adalah 3,25 dengan transkrip asli yang dilegalisir.
  • Untuk lulusan luar negeri, IPKnya dikonversi dan dilampirkan dengan transkrip nilai.

Sertifikat IELTS

Syarat selanjutnya apabila akan mendaftar beasiswa dari LPDP adalah sertifikat IELTS. Sertifikat tersebut merupakan sertifikat resmi yang dikeluarkan sebagai bukti dari kemampuan bahasa inggris. Sertifikat tersebut tentu saja harus masih berlaku dan diterbitkan oleh IELTS. Selain itu juga bisa menggunakan sertifikat tes bahasa inggris dari lembaga lainnya seperti ETS dan TOAFL. Untuk berbagai sertifikat tersebut mempunyai minimal skor masing-masing tergantung dari reputasi dari tempat tes yang akan dipilih.

Memiliki LoA Unconditional

Dan syarat terakhir ketika akan mendaftar beasiswa LPDP S2 adalah memilih LoA Unconditional. LoA Unconditional tersebut didapatkan dari perguruan tinggi yang juga harus berada di dalam list LPDP jenjang doktoral. Pendaftar beasiswa nantinya yang akan menjadi penerima juga harus memenuhi persyaratan lamanya studi yaitu mulai dari 24 bulan untuk program magister hingga 48 bulan untuk jenjang program doktoral. Apabila telah melewati masa studi tersebut maka wajib melaporkan terlebih dahulu ke LPDP untuk menerima keputusan.

Informasi ini disadur dari :
https://www.idp.com/indonesia/study-abroad/scholarships/beasiswa-lpdp/