Jeparadise

 

JEPARADISE, sebutan yang biasa dijadikan hashtag oleh anak-anak jepara jaman now saat mereka posting tentang kuliner maupun wisata kota jepara. Jepara adalah kota kecil yang terletak di pantura timur Jawa Tengah dimana bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut.

Jepara dikenal sebagai Kota Ukir karena sebagian masyarakat menjadi penghasil kerajinan ukir. Tetapi selain itu, Jepara memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang tersebar di wilayahnya, sehingga layak jika diberi slogan “Beauty of Java”. Tentu pantai menjadi andalan wisata di Bumi Kartini ini karena letaknya yang dibatasi laut. Sebagian besar orang mungkin hanya mengenal Jepara karena memiliki Kepulauan Karimun Jawa dengan pulau-pulau kecil yang eksotis dan pantai-pantai yang menawan,  bisa dibilang Paradise of Jepara ya Karimun Jawa. Tetapi selain Karimun Jawa, Jepara juga memiliki sederet pantai lain di daratan utamanya. Diantaranya Pantai Kartini yang menjadi ikon dari pantai-pantai di Jepara, Pantai Tirta Samudra, Pantai Pulau Panjang dan masih banyak lagi. Selain wisata pantai, jika traveller mau blusukan lebih jauh, maka akan menemukan lebih banyak lagi tempat menarik yang layak untuk dikunjungi salah satunya adalah air terjun. Jepara sebenarnya layak menyandang julukan “Kota 1001 Air Terjun” karena banyaknya air terjun  indah yang dimiliki Jepara. Misalnya Air Terjun Songgolangit, Air Terjun Jurang Nganten, Air Terjun Dong Paso, Air Terjun Banyu Anjlok.

Tidak hanya objek wisatanya yang menarik, Jepara juga memiliki beragam jenis makanan khas yang  unik dari nama hingga penyajiannya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau hanya untuk dinikmati sendiri. Meskipun ada beberapa makanan yang bisa dibeli dan dinikmati di daerah lain tetapi akan merasakan hal yang berbeda jika dinikmati dan dibeli langsung di Jepara. Misalnya, Horok-horok merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren, biasanya dimakan dengan sate kikil, sayur pecel, soto, atau bakso. Jika bepergian ke Jepara jangan sampai melewatkan untuk mencicipinya, karena horok-horok termasuk langka ditemukan di luar daerah Jepara. Makanan khas Jepara lainnya yaitu pindang serani, kacang listrik, krupuk bakar, adon-adon coro dan sebagainya. Selain itu Jepara juga dikenal dengan adanya Pasar Durian yang merupakan central durian khas Jepara.
Untuk lebih mengenal dan mengetahui tentang objek wisata dan kuliner lainnya bisa cek Instagram @explorejepara & @kulinerjepara. Thank You….